Search

PENJELASAN MATERI PENINGKATAN KINERJA MANUSIA

Manusia diciptakan oleh Allah sebagai penerima dan pelaksana ajaran sehingga ia ditempatkan pada kedudukan yang mulia. Untuk mempertahankan kedudukannya yang mulia dan bentuk pribadi yang bagus itu, Allah melengkapinya dengan akal dan perasaan yang memungkinkannya menerima dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan membudayakan ilmu yang dimilikinya. Ini berarti bahwa kedudukan manusia sebagai makhluk yang mulia itu karena akal dan perasaan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang seluruhnya dikaitkan kepada pengabdian pada Pencipta.
Dari penjabaran di atas dapat dimengerti bahwa pengembangan SDM sangat penting, tak hanya dari sudut ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, tak kalah pentingnya adalah dimensi spiritual dalam pengembangan SDM. Kualitas SDM tidak akan sempurna tanpa ketangguhan mental-spiritual keagamaan. Sumber daya manusia yang mempunyai dan memegang nilai-nilai agama akan lebih tangguh secara rohaniah. Dengan demikian akan lebih mempunyai tanggung
jawab spiritual terhadap ilmu pengetahuan serta teknologi. Sumber daya manusia yang tidak disertai dengan kesetiaan kepada nilai-nilai keagamaan, hanya akan membawa manusia ke arah pengejaran kenikmatan duniawi atau hedonisme belaka. Dan jika semangat hedonisme sudah menguasai manusia, bisa diramalkan yang terjadi adalah eksploitasi alam sebesar-besarnya tanpa rasa tanggung jawab dan bahkan penindasan manusia terhadap manusia lain.
Posted on Saturday, September 25, 2010 by Monsterad Paramoly and filed under , , | 0 Comments »

Gaji Guru GTT

Menyongsong era 2010, dinas memberikan rambu-rambu akan dikeluarkanya Permen tentang gaji para guru GTT sesuai upah Minimum Daerah
Posted on Tuesday, February 23, 2010 by Monsterad Paramoly and filed under , | 0 Comments »

Belajar dan Belajar

Guru sebagai tolak ukur pendidikan diindonesia, juga menjadi omset perdagangan di indonesia. dimana sertifikasi guru, dijadikan simbul seberapa besar penjualan mobil di indonesia.
Bayangkan saja dengan bekerja dalam waktu 4 jam, mereka dapat gaji 5 jentik. buat apa sepeda motor kalo untuk mencicil mobil cheroke aja bisa. Haa...
Posted on Thursday, January 28, 2010 by Monsterad Paramoly and filed under , , , | 0 Comments »

Tipe Misionaris (missionay)

sifatnya adalah terbuka, penolong, lembut hati, ramah tamah
Posted on Thursday, January 21, 2010 by Monsterad Paramoly and filed under , , | 0 Comments »

RPP Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Untuk memperoleh data RPP silahkan download disini
Posted on Monday, November 16, 2009 by Monsterad Paramoly and filed under | 0 Comments »

Profesi Guru

Profesi Guru dan Akta IV itu pada dasarnya adalah serupa tapi tak sama. Kenapa demikian? karena mereka telah mengajar sebelum tahun 2009 sedangkan yang mengajar setelah 2009 mengggunakan profesi guru
Posted on Saturday, October 31, 2009 by Monsterad Paramoly and filed under , | 0 Comments »

Guru Profesional atau PNS

Guru Profesional atau PNS ( Pegawai Negeri Sipil ), merupakan kesimpang siuran yang berbau politik. Dimana anggaran belanja daerah dan anggaran belanja negara yang bisa menjawab semua pertanyaanya itu. Bertolak dari masalah itu, Guru yang diharapkan pemerintah adalah yang betul betul guru yang dapat meningkatkan system pembelajaran pada siswanya. Namun demikian Sertifikasi Guru akan menjadi pertanyaan apabila sang Guru-guru itu cuman bisa memikirkan absen masuk saja dibandingkan dengan memperhatikan jam belajar siswa. Hal - hal yang perlu diperhatikan adalah:
1. Siswa yang menuntut untuk perhatian khusus dalam belajar di kelasnya.
2. Guru bantu dan GTT yang 100% sering ketemu dengan sang siswa, sedang guru PNS murni sering memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan mengajar di tempat lain atau bisnis di rumah.
3. Guru bantu yang ikut test PNS sering tidak lolos dalam seleksi, akan mengurangi harapan GTT atau guru bantu dalam termotifasi untuk meningkatkan sistem pembelajaran pada siswanya.
4. PNS akan menjadi pusat sorotan dan konflik pada masyarakat.
5. Guru Profesional akan menjadi bagian bisnis dari perguruan tinggi yang sebagai penyelenggara pendidikan.
6. Butuh adanya perhatian khusus bagi GTT dan PTT yang masih bekerja dan terutama yang sudah mempunyai NUPTK tanpa memperhatikan dari Kependidikan atau non kependidikan.
7. Seleksi PNS akan aman bila mengutamakan mereka yang lebih dulu telah pro aktif bekerja.
Posted on Saturday, August 08, 2009 by Monsterad Paramoly and filed under , , , , , | 1 Comments »

Pendidikan Profesi Guru dimulai dibuka oleh Dikti mulai september 2009

Sebagaimana penjelasan www.DIKTI.go.id bahwa:
"" PPG (Pendidikan profesi guru) bagi sarjana pendidikan dan nonpendidikan mulai dibuka September 2009. Pendaftaran calon guru yang hendak ikut pendidikan profesi ini dibatasi 40.000-50.000 orang yang ditetapkan pemerintah kota/kabupaten.
"Pelaksanaannya tinggal menunggu keputusan Menteri Pendidikan Nasional soal penetapan perguruan tinggi yang boleh menyelenggarakan pendidikan profesi guru. Untuk mengantisipasi kebutuhan guru baru karena banyak guru yang akan pensiun, pendidikan profesi guru siap dilaksanakan September nanti. Tetapi jumlah calon guru yang ikut dibatasi dan diseleksi, sesuai kuota yang disediakan pemerintah pusat dan daerah," kata Fasli Jalal, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas dalam acara peresmian Putera Sampoerna School of Education di Jakarta.""
Sertifkasi profesi yang merupakan pengakuan legalitas formal sebuah profesi, menjadikan layaknya seorang guru mendapat pengakuan legalitas formal sebuah profesi sehingga layak dapat tunjangan profesi.
Semoga lulusan PPG yang ini tidak mengganggu aktifitas para Guru Bantu / GTT / PTT yang telah lama mendidik di instansi SD, SMP, dan SMA.
Posted on Monday, August 03, 2009 by Monsterad Paramoly and filed under , , | 13 Comments »

Pendidikan Profesi Guru

Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru telah dibuka oleh beberapa perguruan tinggi mulai 15 Juli sampai dengan 31 agustus 2009.sebagaimana informasi dari Universitas Adibuana PROGRAM PENDIDIKAN GURU DALAM JABATAN
(PENDIDIKAN JARAK JAUH)
Berdasarkan :
Permendiknas No. 58 Tahun 2008 dan Kepmendiknas No. 15/P/2009

Menerima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2009/2010

A. Ketentuan Umum
Penerimaan Mahasiswa Baru
1. Warga Negara Indonesia
2. Guru tetap PNS atau Yayasan
3. Mempunyai Surat izin belajar dari Dinas Pendidikan setempat
4. Mempunyai NUPTK
5. Mempunyai NIP/NIK
6. Membuat pernyataan tidak menuntut untuk diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS)
7. Mengisi portofolio pendaftaran
8. Membayar biaya pendaftaran

Program Studi yang Masuk dalam PPGDJ Jenjang S-1 Pada FKIP

1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
3. Pendidikan Matematika
4. Pendidikan Bahasa Inggris
5. Pendidikan Kepelatihan Olah Raga (PKO)
6. Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan (PPKn)
7. Pendidikan Seni Rupa
8. Pendidikan Bimbingan dan Konseling
9. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK)
- Tata Busana
- Tata Boga
- Tata Rias

VISI
Program S-1 PPGDJ Universitas PGRI Adi Buana merupakan program pendidikan unggul yang mampu menghasilkan guru cendekia, kreatif, adaptif, partisipatif, dan professional.

Misi
1. Melaksanakan percepatan peningkatan kualifikasi akademik guru melalui program S-1 PPGDJ.
2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan dalam bidang pembelajaran PPGDJ.
3. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang menunjang penyelenggaraan dan peningkatan kualitas pembelajaranPPGDJ.
4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat terutama yang berkaitan dengan PPGDJ.

Beban Studi Program Sarjana (S-1) Kependidikan
Berdasarkan Permendiknas No. 58 Tahun 2008 beban studi PPGDJ di Unipa Surabaya sebagai berikut.

Latar Belakang Pendidikan

Beban Studi tanpa PPKHB

PPKHB yang dapat diakui maksimal 65% dari jumlah sks yang harus ditempuh

SISTEM PERKULIAHAN
1. Rentang masa studi 1 – 2 tahun (2 – 5 semester)
2. Sistem perkuliahan dual mode (Tutorial dan Mandiri)
3. Perkuliahan dilaksanakan pada sore hari, hari minggu, dan atau hari libur.
4. Menggunakan jaringan internet.

KEUNGGULAN
1. Dosen pengampu berkualifikasi Doktor, Magister Pendidikan, dan Magister Sains.
2. Lokasi perkuliahan di wilayah kota/kabupaten setempat.
3. Perkuliahan dilaksanakan dengan tidak mengganggu tugas utama mengajar.
4. Dimungkinkan ada percepatan waktu studi berdasarkan hasil penilaian portofolio (PPKHB).
Fasilitas BELAJAR

- Laboratorium Micro Teaching
- Laboratorium PGSD
- Laboratorium PKK (Busana, Boga, Rias)
- Laboratorium Bahasa
- Laboratorium Seni Rupa
- Laboratorium Olah Raga/Fetness
- Laboratorium Multi Media
- Laboratorium Komputer/Matematika
- Laboratorium Bimbingan dan Konseling
- Laboratorium PPKn
- Laboratorium Biologi
- Laboratorium Kimia
- Lapangan Olah Raga
- Perpustakaan
- Internet
- Video Conference
- Micro Counseling

BEAYA PENDIDIKAN

No

PENDIDIKAN

BIAYA/SMT

MASA STUDI
1

SLTA sederajat

Rp. 2.050.000,00

5 Smt
2

D - II

Rp. 2.150.000,00

4 Smt
3

D – III/ Sarmud

Rp. 2.350.000,00

3 Smt


PPGDJ Unipa Surabaya diselenggarakan bekerjasama dengan LPTK dan Dinas Pendidikan:

1. STKIP PGRI Lamongan dan Dinas Pendidikan Lamongan
2. STKIP PGRI Bangkalan dan Pemkab/Dinas Pendidikan Bangkalan
3. Universitas Islam Madura dan Dinas Pendidikan Pamekasan
4. STKIP PGRI Nganjuk dan Dinas Pendidikan Nganjuk
5. STKIP PGRI Blitar dan Dinas Pendidikan Blitar
6. STKIP PGRI Sidoarjo dan Dinas Pendidikan Sidoarjo
7. STKIP PGRI Situbondo dan Dinas Pendidikan Situbondo.
8. Universitas PGRI Banyuwangi dan Dinas Pendidikan Banyuwangi.
Posted on Friday, July 24, 2009 by Monsterad Paramoly and filed under , , , | 0 Comments »

GTT Guru Tidak Tetap Atau Pilih PNS

Di indonesia dunia pendidikan masih merupakan dilema, GTT yang merupakan Guru tidak tetap dimana dalam aktifitasifnya sebagai pembantu Guru PNS yang aktif. Namun demikian Rekrutmen PNS yang timbul menambah beban para GTT untuk segera tergeser dari kedudukannya akibat adanya PNS baru Hasil dari Seleksi CPNS.
Ketidak adilan akan memunculkan Demo-demo para Guru GTT/PTT. Hal-hal yang harus ditanggapi adalah hal-hal tersebut.
Sebuah pendapat, lebih baik kalau para GTT/PTT diproses tersendiri, yang suatu saat dapat masuk menjadi PNS guru pada sekolah masing-masing. Mengingat mereka diangkat juga oleh kepala sekolah masing-masing. Mengapa tidak kita sadari, kalau sebenarnya mereka ini yang lebih peduli pada dunia pendidikan?...
Posted on Saturday, July 04, 2009 by Monsterad Paramoly and filed under , , , | 1 Comments »