Search

Tahun 2009 Dipersiapkan Pendidikan Profesi Guru untuk 40.000 Sarjana

Tentang PPG Sebagaimana informasi dari Dikti dimana Pemerintah menyediakan tempat 40.000 kursi bagi sarjana jurusan apa pun untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru. Yang jelas Selamat Tinggal Nasib Akta Mengajar.... dari sinilah sertifikat pendidikan profesi, sarjana bisa melamar menjadi guru pegawai negeri sipil maupun guru swasta. Nantinya, yang bisa menjadi guru hanyalah mereka yang memiliki sertifikat Pendidikan Profesi Guru,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Fasli Jalal di Jakarta. Dengan Penetapan kuota 40.000 calon guru itu sudah mendekati kebutuhan riil guru untuk menggantikan guru yang pensiun dan permintaan tenaga pendidik baru, sarjana nonpendidikan yang bisa mengikuti pendidikan ini adalah:

  1. Para sarjana yang ingin menjadi guru mata pelajaran di tingkat SMP, SMA dan SMK.
  2. Adapun untuk menjadi guru TK dan SD, hanya bisa diikuti sarjana pendidikan TK dan SD.


Pendidikan Profesi Guru, untuk sarjana nonpendidikan berlangsung selama enam bulan, sementara untuk sarjana pendidikan TK dan SD selama satu tahun.

Sebelum mengikuti pendidikan, menurut Dikti pelamar akan diseleksi secara ketat. ”Hanya mereka yang mempunyai jiwa pendidik dan betul-betul ingin menjadi guru yang boleh ikut pendidikan profesi,” . Hal itu dilakukan agar kelak kualitas guru meningkat. ”Kami ingin supaya guru-guru baru nantinya betul-betul berkualitas,” . Sebagaimana keterangan Sulistiyo, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), mengatakan, kebijakan pemerintah untuk membuka pendidikan profesi guru merupakan langkah maju dalam peningkatan kualitas guru. Namun, penentuan kuota guru haruslah dihitung secara cermat, baik jumlah maupun penyebarannya. Tujuannya agar tidak ada lagi sekolah yang kekurangan guru yang pada akhirnya mengangkat guru di bawah standar.

Secara terpisah Menteri Pendidikan Nasional Bambang Sudibyo mengatakan, sejumlah langkah telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru serta jumlah yang memadai.Tahun 2015 diperkirakan sebanyak 300.214 guru akan pensiun, ini kesempatan bagi mereka yang menginginkan jadi Guru. Kekosongan ini akan diisi guru baru yang memenuhi syarat sesuai Undang-Undang Guru dan Dosen. SELAMAT BEKERJA Menjadi GURU....

Posted on Sunday, December 28, 2008 by Monsterad Paramoly and filed under , , , , , , | 4 Comments »

4 comments:

N.A. Suprawoto said... @ 4 January 2009 at 03:13

Meski agak terlambat, perhatian pemerintah terhadap pendidikan patut diacungi jempol.

dr. Guntur Sembiring said... @ 31 August 2009 at 14:39

Saya sangat berharap dengan program PPG 2009 dari pemerintah ini, banyak guru-guru berkaliber yang tercetak sehingga taraf pendidikan di Indonesia pun meningkat.

Dewi said... @ 8 September 2009 at 03:25

Bagaimana dan dimana para sarjana nonkependidikan yang ingin mengikuti Pendidikan Profesi Guru dapat mendaftarkan diri?

Wawan said... @ 23 April 2010 at 03:18

bgaimana cara mendaftar tuk guru non PNS? apakah ada tes?